Flickr Widget

Selasa, 18 September 2012

CARA MEMBUAT SUBTITLE DENGAN NOTEPAD


Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin berbagi info cara membuat subtitle menggunakan aplikasi yang udah ada di laptop / komputer kita dan anda tidak perlu download software lagi, yaitu Notepad.  Kamu tau kan film-film box office luar negeri yang filmnya sangat seru, tapi kamu gak tau apa yang dia omongin, dan kita berpikir, bagaimana cara membuat subtitlenya tanpa mendownload software apapun, jawabannya ? Ada. kita gunakan Notepad aja yang sudah ada di PC kita. Tapi caranya terlalu susah lho, jadi jangan khawatir. Langsung saja ya step by step nya.
Hal – Hal Dasar
Format Subtitle
Ada beberapa format yang digunakan dalam subtitle, tergantung kebutuhan dan software yang digunakan. Ada format seperti:
.txt : Format standar hasil dari notepad, tetapi jarang digunakan untuk subtitle video tetapi bisa untuk subtitle / lirik sebuah lagu.
.srt : Umum digunakan dalam sebuah film atau video.
.lrc : Dapat digunakan untuk subtitle lagu dan tidak bisa untuk video.
.ass, .sub, .ssa : Digunakan dalam software tertentu.
Dan masih banyak lagi jika disebutkan semua. Kesimpulannya adalah format yang sering dipakai dan dapat kompatibel dengan player video seperti Media Player Classic (MPC) dll adalah .srt, sehingga direkomendasikan untuk memilih format tersebut untuk jenis video.


jika membuat subtitle di notepad,ada beberapa kode yang harus anda mengert,diantaranya kode waktu sub itu muncul dan menghiilang,dan no urut dan tentu saja text yang akan kita jadikan subtitle,untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah


Terdapat 3 nomor dan disetiap nomornya terdapat dua baris. Baris pertama kita sebut saja sebagai kode waktu yang menunjukkan waktu muncul dan hilangnya teks. Terdapat 4 bagian yang dipisah kan dengan (:). Bagian depan menunjukkan jam, kemudian menit, kemudian detik dan milidetik yang harus diisikan dengan benar agar waktunya tidak bertabrakan sehingga teks tidak muncul atau rusak. Kode waktu harus dituliskan dengan format yang benar seperti gambar agar berhasil muncul.
Kemudian baris kedua kita sebut saja dengan kode tulisan. Inilah teks yang ingin dimunculkan dan dihilangkan dalam video kita. Tanpa diawali dengan kode-kode lain, dapat langsung ditulis dengan teks yang kita inginkan. Mudah kan.

 Langkah terakhir adalah mengisikan semua teks yang kita inginkan beserta kode waktunya. Dan harus semangat dalam mengisi dan pantang menyerah. Hehe
Dan yang terakhir adalah jangan lupa save teks notepad tersebut dalam format yang dikehendaki. Bisa .lrc untuk musik atau .srt untuk video.
Serta jangan lupa samakan nama file subtitle dengan nama file musik / videonya.

dan untuk menggunakannya,tinggal sorot dan masukan file subtitle notepad ke dalam film yang diputar di media player

Sumber :  http://aldicsk8.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-subtitle-di-notepad.html

1 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan cara-membuat-subtitle-dengan-notepad , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus

Silahkan beri tanggapan tentang postingan di atas, sertakan bahasa yang sopan..!!!